Jumat, 17 Juni 2011

Bola = Neymar, 19 tahun.

Messi? Siapa yang tak kenal dia, menjadi pemain terbaik dunia versi FIFA (FIFA Ballon d’Or 2010) dan membuktikan diri bersama The Cules, FC Barcelona meraih berbagai gelar di Liga BBVA “La Liga” Spanyol dan juga menjuarai turnamen bergengsi Liga Champions 2011 lalu. Ah, rasanya tak akan habis cerita tentang dia. Messi, Messi… Messi….

Walau mungkin impian Messi saat ini membawa negaranya pada level dunia belum kesampaian, mengingat generasi emas Spanyol yang ditandai dengan hadirnya pemain-pemain hebat seperti Andres Iniesta, Xavi Hernandez, Iker Casillas, David Villa dan beberapa nama lagi yang membuat pesona kesebelasan negeri tersebut tampaknya belum bisa digeser oleh negara mana pun, termasuk negeri kelahiran Messi, Argentina, paling tidak untuk 1 – 2 tahun ke depan.

Membicarakan Messi kelihatannya tak lepas dari membicarakan kekaguman tentang bagaimana hebatnya dia menggocek bola, tak ada yang menyangkal hal ini, bahkan pihak lawannya sekalipun. Haha… Di pihak Barcelona ia menjadi pahlawan, demikian juga bagi penggemarnya di seluruh dunia, ia demikian dielu-elukan. Sementara di pihak lawan atau pendukung kesebelasan mana saja yang menjadi lawan FC Barcelona ia begitu dicerca sambil di dalam hati tetap mengakui, “Sialan ini orang, hebat banget… Kerjanya nge-gol-in melulu…”

Nah, bakat-bakat baru sepak bola perlahan memang mulai muncul, di Inggris ada Jack Wilshere, Jerman pun juga telah muncul bakat baru, baik berdarah Jerman asli maupun pendatang asal Turki seperti Mesut Oezil, demikian juga di negara sepak bola utama dunia lainnya, Brasil. Negeri Samba inipun telah melahirkan bakat-bakat baru setelah era emas Ronaldo, Romario, Rivaldo berakhir.

Salah satunya striker kesebelasan Santos, tempat lahirnya legenda sepak bola, Pele. Sekarang disana ada nama baru yang selalu disebut-sebut, Neymar. Ia dianggap memiliki bakat luar biasa. Kemampuan dribbling bola, keeping the ball, umpan, shooting, berkelit, kecepatan dan tenaga seolah ia mempunyai semua dasar yang diperlukan bagi pemain kelas dunia.


Neymar

Dengan ketenaran di kampung halamannya ini, rupanya Neymar mulai gerah mendengar kehebatan nama Messi, yang memang tak perlu diragukan! Ia berang dan mengatakan yakin bisa mengalahkan penyerang Barcelona, Lionel Messi, dalam perebutan trofi FIFA Ballon d’Or 2011 ini.

Oh, itu berat mas Neymar, dia masih perlu membuktikan dirinya dulu di pentas sepak bola Eropa yang menjadi kiblat industri sepak bola dunia. Masalahnya dari sekian banyak klub sepak bola yang berminat pada dirinya, Barcelona, Chelsea, dan Real Madrid, bahkan MU dan ManCity pun terlihat ngiler dan berharap pada servis permainannya kemudian. Iya juga, “Seberapa hebat siyy kamu Mar!”

Benar peluang ke arah sana mulai terbuka, apabila dapat membawa Santos menjadi juara Copa Libertadores pada hari Rabu, 15 Juni nanti, ia akan bertemu Messi pada turnamen Piala Dunia Antarklub, Desember mendatang. Asyik!

Neymar memang bisa saja, sepanjang rejekinya nanti bergabung dengan klub yang tepat di Eropa dan memiliki peluang menjadi juara Liga Champions, jangan salah pilih, bisa-bisa bernasib seperti pemain hebat lainnya asal Swedia, Ibrahimovic, pindah kesana kemari, tidak tahunya klubnya keok di babak-babak awal turnamen.

Neymar, 19 tahun, memang masih muda usia, semua mungkin, perlu bukti, kerja keras dan berharap juga generasi emas Spanyol semakin uzur dan itulah kesempatan bagi negara-negara lain menjadi Juara Dunia juga, masakan mau juara terus? Neymar juga ingin!

Tidak ada komentar: